PIONEER TEKNOLOGI

H1

Informasi Teknologi dan Komunikasi

H1

PIONEER TEKNOLOGI

Teknologi informasi komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Sejarah

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.

Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.

Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.

Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi 'otak' perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti 'otot' manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) 'otak' manusia. [1]

Penerapan TIK dalam pendidikan di Indonesia

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran.

Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-booke-learninge-laboratorye-educatione-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar.

Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer.

Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.

Buku elektronik

Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional.

Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekadar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD (compact disk) (kapasitas sekitar 700MB), DVD (digital versatile disk) (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun diska lepas (flash disk), diska keras (hard disk), dan penyimpanan awan (cloud storage). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.

E-learning

Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning.

Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet.

Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki. Bila diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi.

Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet. Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

B. Tujuan dan Fungsi Teknologi dalam Bidang Komunikasi dan Informasi. Teknologi merupakan suatu tindakan perekaan terhadap berbagai sumber daya yang ada untuk memudahkan kehidupan manusia. Perekaan sumber daya ini akhirnya melahirkan berbagai sarana atau alat-alat sesuai kebutuhan manusia, terutama teknologi terbarukan seperti perangkat mesin, telepon dan internet. Munculnya upaya perekaan sumber daya ini yang terus mengalami perubahan dari masa kemasa, semakin mempermudahkan kehidupan manusia dalam membangun interaksi social, terutama dalam bidang komunikasi. Jarak yang jauh tidak lagi menjadi hambatan dalam membangun interaksi secara komunikatif, bahkan dengan perkembangan teknologi terbarukan saat ini (IT), interaksi jarak jauh tidak hanya dibangun dengan suara, namun juga dengan menampilkan wujud fisik lewat sarana video call (VC). Menilik dijaman pra sejarah atau jaman batu, komunikasi interaksi social masyarakat jarak jauh dilakukan dengan sarana alam seperti burung atau hewan-hewan lainnya untuk mengirimkan pesan. Selain itu juga penggunaan simbol-simbol pada media batu dan kayu sebagai berita atau informasi untuk diketahui oleh khalayak. Dibandingkan dengan perkembangan teknologi saat ini yang dikenal dengan jaman milenial, maka kemajuan teknologi hasil dari perekaan manusia tersebut sudah sangat luar biasa dan hampir melewati ambang batas ilmu logika (akal). Perkembangan teknologi, terutama yang terbarukan sangat berpengaruh pada kemajuan bidang komunikasi dan informasi. Dimana proses komunikasi yang dilakukan jadi 3 semakin mudah dan cepat serta memiliki keakuratan pesan dan dipahami sesuai dengan maksud dari penyampai pesan (komunikator). Begitu juga halnya dalam penyebaran informasi, berbagai kejadian dibelahan dunia dalam waktu singkat dan cepat dapat diketahui oleh seluruh masyarakat dunia. Seperti kejadian maha dahsyat bencana tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam, hanya dalam hitungan jam, masyarakat dunia langsung mengetahui perihal musibah besar tersebut yang telah meluluhlantakkan provinsi Aceh. Tentunya peristiwa tersebut diketahui melalui pemanfaatan sarana teknologi komunikasi berupa televisi, radio, telepon dan internet. Begitu juga halnya dengan peristiwa kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Burma, Myanmar dalam waktu panjang, sarana teknologi terbarukan ini telah mampu menyebarkan informasi kepada dunia tentang bagaimana perlakuan militer Myanmar terhadap etnis Rohingya. Sehingga penyidik PBB turun ke Negara Myanmar dan menemukan fakta dari informasi media massa bahwa militer Myanmar telah melakukan tindakan kebrutalan terhadap minoritas Rohingya. Bahkan coordinator penyidik PBB Marzuki Darusman asal Indonesia mengatakan, bahwa kebrutalan militer Myanmar terhadap warga Rohingya benar-benar mengabaikan kehidupan sipil. ( http//detiknews, 2018). Berbagai informasi dunia saat ini sudah berada dalam genggaman tangan melalui sarana teknologi, bahkan seakan-akan kita melihat dunia ini seperti bola yang mampu terjangkau dari setiap sisinya untuk mengetahui berbagai informasi dan perkembangannya. C. Manfaat Teknologi Komunikasi dan Informasi. Teknologi komunikasi dan informasi adalah teknologi yang dibutuhkan untuk mengolah informasi dengan menggunakan komputer elektronik, perangkat komunikasi dan aplikasi perangkat lunak untuk mengkonversi, menyimpan, melindungi, memproses, mengirimkan, dan memanggil kembali informasi kapanpun dan dimanapun.Kehadiran beragam teknologi komunikasi dan informasi yang digunakan saat ini bukanlah hasil kerja semalam seperti legenda pembangunan Candi Prambanan. Melainkan hasil kerja selama berabad-abad lamanya yang dilakukan oleh para ahli. Melalui sejarah perkembangan teknologi komunikasi dan sejarah perkembangan teknologi informasi, terlihat bahwa perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dari waktu ke waktu berjalan dengan yang sangat cepat. Jika di masa lalu proses penyebarluasan informasi kepada khalayak luas dilakukan secara tradisional atau menggunakan teknologi tradisional, maka di era informasi dan digital seperti sekarang proses penyebarluasan informasi dilakukan melalui teknologi baru yang jauh 4 lebih canggih. Informasi pun dapat dikirimkan dalam berbagai macam bentuk seperti teks atau gambar dan melalui berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi seperti telepon pintar, televisi, dan media komunikasi modernlainnya.Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat cepat ini tentunya memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Berbagai bidang kehidupan manusia kini mulai menerapkan berbagai perangkat berteknologi baru guna memudahkan komunikasi dan pekerjaan. Adapun manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi bagi manusia adalah sebagai berikut ( http//pakarkomunikasi, 2018) : 1. Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat Manfaat dari perkembangan teknologi dan informasi yang pertama adalah memudahkan dan mempercepat komunikasi. Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi baru telah menimbulkan revolusi komunikasi di seluruh dunia. Di masa lalu, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk memperoleh atau mengirimkan pesan kepada orang lain.Kini, komunikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat berkat adanya internet sebagai media komunikasi. Melalui koneksi internet yang cepat, kita dapat berkomunikasi melalui surat elektronik, konferensi video, dan lain-lain secara cepat sehingga menghemat waktu dan biaya. 2. Memudahkan akses informasi Selain memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, kehadiran internet juga memberikan kemudahan dalam mengakses informasi. Kini kita dengan mudah dapat mengakses dan memperoleh jenis-jenis informasi maupun jenis-jenis berita dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Kemudahan mengakses informasi memberi dampak pada semakin meningkatnya pengetahuan yang kita miliki. 3. Mempersingkat waktu dan memangkas biaya Dalam dunia industri, waktu dan biaya sangat penting dalam produksi. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, produksi dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit karena sepenuhnya bergantung pada tenaga manusia.Setelah kehadiran teknologi komunikasi dan informasi, produksi dapat dilakukan setiap hari, cepat dan biaya pun dapat dipangkas. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan laba bagi setiap perusahaan. 5 4. Proses perdagangan dilakukan secara elektronik Dalam dunia bisnis, perdagangan adalah kegiatan pertukaran, pembelian, dan penjualan berbagai macam komoditas kepada sejumlah besar orang yang melibatkan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan dilakukan secara barter atau bertukar barang. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan kini dapat dilakukan secara elektronik atau e-commerce. E-commerce memegang peran yang sangat penting dalam ekonomi, karena didalamnya terkandung proses perdagangan yang memungkinkan konsumen untuk mencari dan membeli produk secara daring (elektronik). 5. Transaksi secara daring Terkait dengan perdagangan secara daring, proses transakasi pun kini dapat dilakukan secara daring. Hal ini dapat kita temui dalam sistem perbankan. Sebelum berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, sistem perbankan dilakukan secara manual dengan cara mengambil deposit secara langsung. Selain itu, transaksi juga hanya dapat dilakukan selama jam kerja dan hari kerja.Namun, kehadiran teknologi komunikasi dan informasi telah mengubah sistem perbankan menjadi lebih maju. Kini proses transaksi dapat dilakukan selama 24 jam, kapan pun dan dimana pun. Berbagai layanan perbankan secara daring pun kini banyak ditawarkan seperti layanan daring, dan lain-lain. 6. Membuat proses komunikasi pembelajaran menjadi semakin menarik Teknologi komunikasi dan informasi baru tidak hanya dimanfaatkan di bidang ekonomi melainkan juga di bidang pendidikan. Saat ini, berbagai media pembelajaran yang berbasis komputer dan internet mulai digunakan di dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi hanya terjadi di ruang kelas namun dapat dilakukan secara daring. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi di dunia pendidikan semacam ini lazim disebut dengan elearning. Dengan e-laerning, berbagai materi pembelajaran pun disajikan secara multimedia yang sekaligus merupakan karakteristik media pembelajaranatau ciri-ciri media pembelajaran yang lebih modern karena memiliki kemampuan untuk memantau kegiatan pembelajaran jarak jauh secara real-time. 6 7. Membantu proses komunikasi pemerintahan Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi lainnya adalah membantu proses komunikasi pemerintahan.Berbagai sistem pemerintahan di seluruh dunia mulai menggunakan teknologi informasi untuk menyuguhkan akses kepada masyarakat untuk memperoleh informasi pemerintah yang dikenal dengan e-government. Hak warga negara untuk memperoleh informasi yang jelas, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan pun terpenuhi. 8. Komunikasi tanpa batas Kehadiran internet sebagai hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan pengaruh pada komunikasi antar manusia. Kehadiran internet sebagai faktor pendukung komunikasi online telah membuat komunikasi dan informasi menjadi tanpa batas.Kita dapat mengetahui informasi tentang berbagai peristiwa di seluruh dunia dan berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Kita tidak perlu harus pergi ke berbagai negara untuk berkomunikasi dengan teman atau siapa pun yang ada di negara seberang. 9. Berbagi Informasi Secara Efektif Semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi mengakibatkan semakin mudahnya kita saling bertukar informasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Orang-orang dapat saling berbagi dan bertukar informasi, pendapat, atau berita melalui diskusi kelompok atau forum-forum daring lainnya dan berdampak pada semakin bertambahnya pengetahuan. 10. Membuka Peluang Untuk Dapat Bekerja Secara Daring Bekerja secara daring atau bekerja jarak jauh adalah salah satu manfaat lain dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.Kini, banyak sekali orang lebih menyukai untuk bekerja secara daring karena mempertimbangkan berbagai macam hal seperti lebih nyaman mengurangi pengeluaran biaya transportasi yang harus dikeluarkan oleh karyawan, mengurangi waktu untuk pergi dan pulang kerja, tingkat stress yang lebih rendah, dan lainlain. Namun, untuk dapat bekerja secara daring perlu memperhatikan hal-hal yang dapat menunjang kerja daring seperti insfrastruktur teknologi informasi yang berkualitas, literasi komputer yang baik, jenis pekerjaan yang dapat dilakukan di berbagai tempat dengan menggunakan komputer dan progam komputer tertentu, karyawan yang memiliki sikap profesional dalam bekerja, dan lain-lain. 7 11. Membentuk komunitas virtual Istilah komunitas virtual atau komunitas online meliputi sekelompok orang yang berkomunikasi melalui jejaring sosial, forum, layanan pesan instan, atau pun blog. Disebut komunitas karena terdiri dari sekelompok orang yang memiliki minat dan kegemaran yang sama dan berpartisipasi dalam kelompok yang dibentuk. Sementara itu, disebut virtual karena mereka tidak melibatkan kontak fisik. Manfaat komunitas online tentu sangat beragam, selain selain sebagai wadah kreatifitas dan saling berbagi informasi, komunitas virtual atau komunitas online juga dapat mempererat silaturahmi di antara anggota kelompok. 12. Memangkas biaya komunikasi Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi selanjutnya adalah dapat memangkas biaya komunikasi. Dulu, ketika teknologi komunikasi dan informasi belum berkembang seperti sekarang, biaya komunikasi begitu membengkak. Untuk berkomunikasi antar kota melalui jaringan telepon dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, berbagai peralatan komunikasi seperti telepon pintar pun diproduksi secara massal dan dengan harga yang terjangkau. Setiap orang dapat berkomunikasi dengan siapa pun, dimanapun dan kapan pun. Untuk berkomunikasi jarak jauh, sepanjang terhubung dengan internet, dapat dilakukan melalui berbagai layanan pesan instan dan biaya nya pun terjangkau. Hal ini juga memungkinkan orang-orang untuk memiliki akses terhadap data yang berlimpah dengan harga bersaing. 13. Terciptanya beragam alat berteknologi modern Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi tak dipungkiri berdampak pada ditemukannya berbagai peralatan yang berteknologi modern. Alat-alat ini tentu sangat bermanfaat dan membantu kehidupan manusia di berbagai bidang jika digunakan sesuai dengan fungsinya.Misalnya, komputer. Setelah kelahiran komputer generasi kelima, kini teknologi komputer menjadi semakin canggih, modern, dan memuaskan. Semakin canggihnya kinerja komputer tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, militer, dan lain-lain. 14. Terciptanya lingkungan yang tanpa kertas Semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi secara tidak langsung telah menciptakan lingkungan yang tanpa kertas. Dalam artian, berbagai informasi kini tidak lagi disimpan dalam bentuk hardcopy melainkan softcopy sehingga dapat disimpan dan dipanggil kembali melalui media digital bila diperlukan. Misalnya komunikasi online atau 8 komunikasi daring yang dilakukan melalui surat elektronik, pesan instan dan lain sebagainya sejatinya membantu menciptakan lingkungan tanpa kertas.Semakin sedikit jumlah kertas yang digunakan maka lingkungan hidup pun akan akan semakin terjaga seiring dengan semakin terjaganya ekosistem hutan akibat semakin sedikitnya jumlah pohon yang ditebang sebagai bahan utama pembuatan kertas. D. Dampak Positif dan Negative dari Teknologi Komunikasi dan Informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.( http//Wikipedia. Org, 2018) Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Sehingga Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Banyak dampak positif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi tersebut, terutama dalam bidang pendidikan dan informasi. Dengan sarana teknologi seperti internet, telepon, computer dan gaway, kita semakin mudah untuk belajar dan memahami berbagai materi keilmuan. Bahkan kemajuan teknologi tersebut juga memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan administrasi perkantoran. Seperti tidak lagi membawa berkas dalam jumlah banyak untuk pekerjaan, namun cukup dengan laptop yang disambungkan dengan jaringan internet, semua berkas sudah tersimpan rapi dalam link atau drive dan dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Bahkan, beberapa perusahaan besar memanfaatkan teknologi IT ini untuk memudahkan meeting tanpa harus duduk dalam satu ruangan, tapi cukup hanya dalam group aplikasi social bersama seperti WhatsApp (WA), Blackberry Massanger (BBM), Linked, Instagraf dan lainnya. Kehadiran teknologi tersebut tentunya bukan hanya memudahkan kerja manusia, namun juga memberikan efesiensi waktu dan memangkas proses birokrasi yang panjang. 9 Selain dampak positif, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi tersebut juga memiliki dampak negative yang besar bagi kehidupan social masyarakat. Kemudahan dan kebebasan akses dari sarana teknologi komunikasi dan informasi ini, telah menggiring kalangan masyarakat milenial pada tindakan negative secara norma. Bahkan juga telah melahirkan sekelompok masyarakat criminal yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Dampak negative bagi masyarakat milenial dewasa ini, teknologi komunikasi dan informasi (IT) telah menggiring mereka untuk mengakses situs-situs porno yang dapat merusak moralitas dan akhirnya melanggar normanorma agama dan social ( Hartley, 2010 : 128). Bahkan penggunaan gaway dengan kualitas jaringan internet, juga telah memicu lahirnya perbuatan asusila porno aksi jarak jauh yang dilakukan lewat video call. Sedangkan bagi kelompok criminal, kemajuan teknologi ini dimanfaatkan untuk tindakan merugikan pihak lain baik secara personal maupun kelembagaan, seperti pencurian data, pembobolan rekening, bahkan sampai pada pemblokiran atau sabotase system Negara yang dikenal dengan ciber criminal. Dua hal dari dampak negative kemajuan teknologi komunikasi dan informasi tersebut sesuatu yang tidak bisa dihindari. Karenanya seiring perkembangan teknologi tersebut, kita dituntut untuk terus melakukan pembenahan mental secara spiritual agar tidak tergiring pada kamampuan teknologi yang merugikan. Prof. Abdul Jalil, Rektor IAIN Walisongo, Semarang dalam buku dakwah kontekstual menyampaikan, bahwa dengan semakin canggihnya teknologi, maka informasi mampu membentuk dan mengubah cara hidup masyarakat. Derasnya arus informasi meniscayakan pengaruh positif dan negative sekaligus. Oleh karenanya banyak tantangan yang harus disikapi, terutama kaitannya pengaruh informasi negative dan serbuan pemikiran yang sengaja disebarkan untuk merusak pemikiran ummat (Harits, 2012 : 13) E. Kesimpulan Perkembangan teknologi, terutama yang terbarukan sangat berpengaruh pada kemajuan bidang komunikasi dan informasi. Dimana proses komunikasi yang dilakukan jadi semakin mudah dan cepat serta memiliki keakuratan pesan dan dipahami sesuai dengan maksud dari penyampai pesan (komunikator). Begitu juga halnya dalam penyebaran informasi, berbagai kejadian dibelahan dunia dalam waktu singkat dan cepat dapat diketahui oleh seluruh masyarakat dunia. Juga sangat mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat secara social dan mampu melahirkan suatu konsep baru. Sehingga perkembangan teknologi komunikasi dan informasi semakin mempermudah urusan masnusia dalam berbagai hal, mulai

 

OUR SERVICES

What we do

Pembuatan Website

Jangkau lebih luas Pelanggan Anda di mana pun dan kapan pun mereka berada. Toko anda 24jam Non Stop melakukan promosi kepada pelanggan anda. Menghemat SDM dan Budget Promosi.

View details

SEO

Optimalkan Website Bisnis Anda dengan Jasa SEO yang berkualitas dan Profesional. SEO Menjadikan website anda ada dihalaman #1 Gooogle Tahan Lama dan Cukup Bayar 1x saja , Tingkatkan Bisnis anda Sekarang juga.

View details

Google Adword

Pasang iklan Anda di Google sekarang juga.!
Iklankan bisnis Anda tepat saat pelanggan mencari produk yang Anda tawarkan di Google. Bayar hanya jika ada yang mengklik iklan untuk mengunjungi situs atau menghubungi Anda.

View details

Maintenance Website

Jasa Maintenance website merupakan pelayanan perawatan website dan hal ini ditujukan bagi Anda yang memiliki keterbatasan Sumber Daya, atau tidak memiliki Waktu untuk Mengelola Website.

View details

Pembuatan Aplikasi Android

Aplikasi Mobile Apps Android dan iOS menjadikan Bisnis Anda Profesional, Berkelas dan Kekinian. Buat Pelanggan datang ke Toko Anda, lagi dengan terus datang lagi dan Setia di Aplikasi Anda.

View details

Digital Marketing.

Dengan Digital Marketing, Brand Awareness anda akan meningkat dan mudah dikenal masyarakat luas. Menjangkau pengunjung baru untuk situs Anda, meningkatkan penjualan online, meningkatkan jumlah telepon yang masuk ke bisnis Anda, ataupun menarik pelanggan untuk kembali lagi, Kami dapat membantu Anda.

View details

Jasa Instalasi Server Windows

Perusahaan yang berpengalaman selama 11 tahun dibidang IT khususnya jaringan komputer dan Server

View details

Jasa Instalasi Server Linux

Perusahaan yang berpengalaman dalam melakukan instalasi server linux CentOs, Debian dan lain sebagainya Suse

View details

Jasa Instalasi Kabel Data LAN

Perusahaan yang berpengalaman selama 11 tahun dibidang IT khususnya jaringan komputer dan Server

View details

Aplikasi Perpustakaan

di era 4.0 penerapan teknologi menjadi salah satu strategi dan solusi agar pelayanan di perpustakaan semakin maksimal

View details

Desain dan Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi

View details

Aplikasi Custom

Accounting, Inventory, Human Resource, CRM, Point of Sales, Billing System, dan lain-lain.

View details

Aplikasi Sistem Persuratan

Kelola Surat Dan Disposisi Lebih Mudah, Cepat Dan Akurat

View details

Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam

software core banking system online yang sudah terintegrasi dengan akuntansi dan aplikasi yang berbasis android untuk memudahkan pengurus dalam membuat laporan untuk kepentingan pihak ketiga dan anggota koperasi dengan mudah memonitor saldo simpanan maupun outstanding pinjamannya melalui mobile phone

View details

Aplikasi Keuangan

Kelola data perusahaan, catat transaksi dan jurnal, buat laporan keuangan, pantau produksi, analisis kesehatan bisnis, dan automatisasi jadi lebih mudah

View details

Aplikasi monitoring kinerja SPG/SPB

Memudahkan dalam memonitoring kinerja SPG/SPB di lapangan atau outlet secara cepat dan realtime

View details

Aplikasi Marketplace

Marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Salah satu marketplace pertama di dunia yang mempopulerkan marketplace adalah eBay.

View details

Aplikasi POS - Point Of Sales

Point of Sale (POS) bisa disebut aplikasi kasir modern yaitu software yang digunakan oleh toko untuk membantu transaksi layaknya mesin kasir pada toko retail namun kegunaannya lebih canggih dibanding mesin kasir biasanya, POS digunakan untuk mencatat order, membantu menghitung profit per item yang ter jual, perhitungan stok, dan lain sebagainya.

View details

Aplikasi Transportasi Online - Mobil & Motor

Transportasi online merupakan transportasi yang berbasis suatu aplikasi tertentu, dimana konsumen memesan suatu sarana transportasi melalui sistem aplikasi di dalam smartphone

View details

Aplikasi PPOB

PPOB adalah sebuah sistem pembayaran secara online mulai aplikasi mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game

View details

Aplikasi Pergudangan - Warehouse Management System

Merupakan solusi logistik yang di rancang untuk membantu pengelolaan gudang secara optimal. Aplikasi ini berbasis web, mobile apps android, ios dan cloud sehingga mudah digunakan dan relatif cepat dalam implementasi

View details

Aplikasi E-commerce

Ciptakan aplikasi penjualan atau E-Commerce untuk mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen. Mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa. Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas serta Mempermudah proses penjualan dan pembelian

View details

Aplikasi Absensi Mobile

kemudahan dalam pengelolaan data karyawan, pengelolaan waktu kerja, rekapitulasi kehadiran, penyederhanaan pengelolaan gaji dan penghitungan PPh (Pajak Penghasilan), Pengelolaan Cuti dan Ijin serta pelaporan karyawan

View details

Aplikasi Pengajuan Angka Kredit

Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh Auditor yang merupakan penilaian prestasi kerja sebagai salah satu syarat untuk pengangkatan, kenaikan jabatan dan/atau pangkat.

View details

Aplikasi Penjadwalan Seminar & Ujian Skripsi

mempermudah pelayanan bagi mahasiswa, dosen pembimbing, koordinator sidang dan beberapa pihak yang saling terkait dalam mendapatkan informasi seputar sidang serta sebagai media untuk menyebarkan informasi agar diketahui oleh masing-masing pihak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

View details

Aplikasi Video Live Streaming

Ciptakan aplikasi video live streaming seperti netflix dan youtube dengan teknologi terkini

View details

Aplikasi E-Learning

Mengatasi kegiatan belajar mengajar secara online dengan satu genggaman

View details

Pembuatan Aplikasi IOS

Pembuatan aplikasi IOS

View details

Pembuatan Desain Mobile UI/UX Mobile

User Interface adalah sebuah tampilan yang digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, tablet, smartphone maupun perangkat elektronik lainnya melalui tampilan yang dapat dimengerti oleh pengguna.

View details